ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA KELAS 4 SDN KEPATIHAN
Abstract
Analisis ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap pembelajaran IPAS pada materi Gaya. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini yaitu kualitatif sehingga dapat menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata yang bersifat studi Pustaka (Library research). Jenis penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah studi pustaka, yaitu keterkaitan kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan mendalami, mencermati, menganalisis, mengidentifikasi pengetahuan, membaca serta mencatat serta mengolah bahan penelitian yang bersumber dari buku-buku dan jurnal-jurnal dan sumber relevan lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan metode problem solving memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir siswa tidak hanya itu tetapi juga meningkatkan kemandirian peserta didik. Hal ini terbukti pada penelitian yang telah dilakukan sebelumnya melalui hasil analisis. Penerapan metode problem solving akan berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemandirian pada peserta didik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.