PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ERA KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS SDN 2 SEREN

Herlina Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur, yang mengkaji pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di era kurikulum merdeka terutama pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar diharapkan mampu memberikan pengalaman nyata peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.. Tujuan dari penelitian ini adalah lingkungan sebagai sumber belajar, pemanfaatan lingkungan di era kurikulum merdeka dan dampak dari pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di kehidupan lingkungan sehari-hari peserta didik. Berdasarkan hasil dari analisis jurnal-jurnal terdahulu menunjukkan bahwa Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Pemilihan sumber belajar juga mempengaruhi suatu kondisi dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat menentukan sumber belajar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penggunaan sumber belajar dengan pemanfaatan lingkungan akan memberikan pengalaman langsung peserta didik. Lingkungan sekitar membawakan dampak positif bagi peserta didik. Dengan lingkungan sebagai sumber belajar akan mengeratkan peserta didik dengan lingkungan sekitar, dan peserta didik akan lebih dengan dengan alam sekitar. Pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar akan lebih bermakna dan konkret sesuai dengan anak seusia sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan peserta didik bisa mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar peserta didik dan memahami secara langsung dengan pemanfaatan lingkungan sekitar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.