KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD MATERI MAGNET

Maerlin Windtari Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas 4 mata pelajaran IPA dengan fokus pada materi magnet. Kesulitan belajar siswa kelas 4 SD meliputi masalah pemahaman konsep dan penerapan materi magnet berupa soal. Penyebab kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi, kesehatan, kecerdasan, dan kebiasaan belajar, serta faktor eksternal seperti keluarga, lingkungan kelas, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengidentifikasi, menjelaskan, menilai, dan menginterpretasikan kajian-kajian yang telah ditemukan peneliti sebelumnya. Antisipasi dini kesulitan belajar siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kesadaran dan motivasi siswa serta memperhatikan kesiapan belajar siswa untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.