UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Gita Kumalasari, Atikah Riswandani, Desy Permata Hati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian study literatur dimana peneliti mengumpulkan data dengan meninjau beberapa sumber jurnal yang kemudian dikumpulkan untuk menjadi sebuah data yang bermanfaat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar terdapat masalah yang dialami guru dalam menerapkan kurikulum merdeka seperti guru yang menggunakan teknik pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi atau keadaan, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, dan pengajaran yang monoton. Sehingga perlu adanya upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut yakni dalam menerapkan kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPS salah satunya yaitu kepala sekolah dan guru mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka demi memperbaiki kualitas para guru.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.