PROFIL KETERAMPILAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI MAGNET KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Windi Pujiyanti

Abstract


Pada pembelajaran IPA terutama di sekolah dasar, literasi sains memiliki andil yang sangat penting. Maka dari itu untuk mengembangkan dan menciptakan literasi sains dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA, guru harus memperhatikan suasana pada kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran IPA pada materi magnet siswa harus mengerti apa itu magnet, pemanfaatan magnet dalam kehidupan sehari-hari, dan cara pembuatan magnet. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan literasi sains pada materi magnet di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review/studi literatur dan observasi lapangan dan wawancara. Data diperoleh dari menelaah artikel, jurnal maupun sumber-sumber yang lain yang berkaitan dengan penelitian dan juga melalui observasi kemudian disimpulkan. Diketahui hasil penelitian ini yaitu profil keterampilan literasi sains pada materi magnet di sekolah dasar. Literasi sains dapat mengembangkan pola pikir dan perilaku siswa serta membangun karakter manusia untuk peduli, bertanggung jawab terhadap dirinya, masyarakat, alam semesta serta terhadap masalah yang dihadapi masyarakat modern saat ini. Siswa yang mampu mengembangkan literasi sains dapat membuat keputusan yang mendasar dan mampu mengenali sumber solusi yaitu sains dan teknologi.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.