KAITAN ANTARA METODE INKUIRI DAN KETERAMPILAN PROSES

Shafira Hidayah, Nur Ngazizah

Abstract


Metode inkuiri merupakan metode yang mempersiapkan siswa untuk melakukan eksperimen mandiri secara luas agar melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, mengajukan pertanyaan, mencari jawaban sendiri, serta menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan lainnya, membandingkan apa yang ditemukannya dengan yang ditemukan peserta didik lain. Metode inkuiri mempunyai karakteristik menggunakan keterampilan keterampilan yang dapat diterapkan pada mata pelajaran sains pada siswa sekolah dasar. Keterampilan proses sains merupakan kemampuan siswa dalam menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan sains serta menemukan ilmu pengetahuan. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui kaitan antara metode inkuiri dan keterampilan proses. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang bereputasi dari jurnal nasional maupun internasional. Hasil studi literatur menunjukan bahwa kaitan metode inkuiri dan keterampilan proses yaitu pada metode inkuiri siswa ditekankan untuk belajar melalui keterlibatan aktif yang membantu siswa untuk belajar, memperoleh pengetahuan dengan cara menemukan sendiri hal yang akan mereka pelajari dengan mengembangkan keterampilan proses sains.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.