ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCTION TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK SEKOLAH DASAR

Shella Fitri Wahyuni, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep matematika khususnya materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar matematika yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi kearifan lokal di kelas III SD Negeri Candisari, Kecamatan Banyurip, Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri Candisari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang biasa dilakukan menggunakan bahan ajar yang belum menggunakan Realistic Mathematics Education (RME), sehingga perlunya inovasi dalam bahan ajar agar siswa mampu memahami konsep matematika. Bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) terintegrasi kearifan lokal yang mengacu pada permasalahan secara nyata mampu membuat siswa memahami konsep matematika terutama pada materi pecahan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kebutuhan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang terintegrasi kerarifan lokal untuk siswa kelas III sekolah dasar pada materi pecahan sangat dibutuhkan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.