PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN ETNOSAINS UNTUK MENGEMBANGKAN SCIENTIFIC ATTITUDE

Tasya Laititia, Nur Ngazizah

Abstract


Pembelajaran tematik dengan etnosains merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan yang menggabungkan antara budaya dan sains. Etnosains memadukan budaya dan kearifan lokal yang dijadikan sebagai objek pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis etnosains untuk mengembangkan scientific attitude atau sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran tematik. Penulisan ini menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka dengan menggunakan jurnal yang bereputasi baik nasional maupun internasional. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik berbasis etnosains dapat mengembangkan scientific attitude atau sikap ilmiah siswa, karena melalui pembelajaran berbasis etnosains siswa akan melakukan observasi langsung sehingga siswa dapat mengidentifikasi pertanyaan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah, dan dapat membuat kesimpulan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.