METODE MONTESSORI BERBASIS KARAKTER SEBAGAI ALTERNATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Delyla Millenia Valent, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 yang melanda seluruh pelosok negeri sehingga menimbulkan dampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik harus mengubah model pembelajaran dengan menerapkan protokol kesehatan yang disebut dengan pembelajaran luring. Montessori merupakan pembelajaran yang terkonsep sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Dasar pendidikan montessori menekankan pada tiga hal, yaitu pendidikan sendiri, masa peka, dan kebebasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model montessori sebagai alternatif pada pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur, sehingga peneliti berperan sebagai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan dukungan lingkungan yang baik demi menunjang metode montessori dalam pembelajaran matematika melalui daring. Dukungan tersebut diantaranya adalah ketersediaannya aparatus montessori serta kemauan orang tua untuk mendukung pembelajaran.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.