ANALISIS KEBUTUHAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Natijatul Khusna, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan perangkat pembelajaran berbasis open ended problem solving pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes yaitu wawancara dan dokumentasi. Data dari hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Data pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh guru belum efektif; (2) perangkat pembelajaran masih didominasi oleh guru; (3) Siswa belum mengenal pembelajaran open ended problem solving; (4) kemampuan siswa menyelesaikan masalah masih kurang: (5) bahan ajar yang digunakan kurang sesuai dengan open ended problem solving; (6) dibutuhkannya perangkat pembelajaran berbasis open ended problem solving pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa di SDN Singojoyo, Brunosari, Bruno, Purworejo membutuhkan perangkat pembelajaran berbasis open ended problem solving pada pembelajaran matematika.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.