PENILAIAN BERBASIS HOTS DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Akhmad Faizin, Andi Setiawan, Nur Ngazizah

Abstract


Penilaian dalam pembelajaran merupakan proses pemerolehan data dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan, penilaian dapat berupa penilaian pengetahuan, keterampilan, penalaran, produk, dan sikap. Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui penilaian berbasis HOTS dalam pembelajaran berbasis proyek. HOTS merupakan keterampilan untuk berfikir tingkat tinggi yang dimiliki sehingga siswa dapat menerapkan serta menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran berbasisproyek merupakan pembelajaran dengan eksperimen sains yang memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa untuk berpikir serta menalar hal yang baru sehingga tercipta pola pikir yang kreatif, kritis, dan siswa mampu menciptakan suatu produk. Metode yang di pakai dalam penulisan ini adalah dengan studi literatur dari jurnal yang bereputasi nasional dan internasional sebagai sumber literaturnya. Hasil dari penulisan penilaian HOTS pada pembelajaran berbasis proyek adalah adanya penilaian keterampilan yang merujuk kepada kemampuan siswa dalam suatu proses dan produk.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.