ANALISIS KEBUTUHAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Puji Rahayu, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik ketika peserta didik dihadapkan dengan soal-soal PISA. Selain itu, adanya pandemi covid-19 mengakibatkan menurunnya karakter peserta didik dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrumen penilaian berbasis HOTS terintegrasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD N Pringgowijayan, Kutoarjo. Subjek penelitiannya yaitu guru SD kelas V. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan lembar observasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis yang digunakan yaitu mengacu pada Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD N Pringgowijayan, Kutoarjo membutuhkan intrumen penilaian berbasis HOTS terintegrasi pendidikan karakter.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.