KAITAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Sherin Damayanti, Robainah Robainah, Febrila Vernanda, Titi Anjarini

Abstract


Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu cara seorang guru yang bertugas sebagai fasilitator untuk membimbing peserta didik dalam menggali ilmu pengetahuan secara mandiri, serta membina sendiri konsep ilmu pengetahuan yang didapatnya melalui pengalaman belajar. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan literasi peserta didik pada pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu studi literatur dari jurnal-jurnal yang bereputasi baik nasional maupun internasional. Hasil dari kajian menyebutkan bahwa pendekatan konstruktivisme, dalam penerapannya harus berpusat pada pembangunan pengetahuan peserta didik. Peserta didik dilatih dan dituntut untuk mandiri serta aktif dalam mengembangkan pengetahuannya sendiri. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berfikir secara mandiri dalam memahami pembelajaran, sehingga dengan pendekatan kontruksivisme akan meningkatkan literasi peserta didik khususnya dalam pembelajaran IPS.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.