ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Abstract
Sebagian besar guru memperhatikan hasil belajar peserta didik, namun tidakmencermati kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalahmatematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung. Jenispenelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 16orang peserta didik kelas IX SMPN 3 Bukit Batu. Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis danwawancara. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan dengan menganalisiskesalahan peserta didik pada tiap indikator kemampuan pemecahan masalah didapat bahwa pada indikator menyusun rencana, melaksanakan rencanadan memeriksa hasil merupakan indikator yang paling banyak kesalahanjawaban. Dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada gurutentang kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sehinggaguru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapatmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Refbacks
- There are currently no refbacks.