KAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN LIFE SKILL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA ABAD 21

Febrianti Arum Puspita Sari, Nur Ngazizah, Khofifatun Rohmah

Abstract


Perubahan kemajuan pembelajaran IPA perlu dipersiapkan untukmemaksimalkan keterampilan abad ke 21. Abad 21 pendidikan sangat penting dalam menjamin peserta didik mempunyai keterampilan belajar danberinovasi. Life skill (kecakapan hidup) merupakan kemampuan dankeberanian dalam menghadapi masalah hidup, kemudian dengan kreatif,mencari dan menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui kaitan antara modelpembelajaran berbasis proyek dengan life skill siswa pada pembelajaran IPAabad 21. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan studiliteratur. Studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan denganmetode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolabahan penelitian. Hasil dari penulisan ini adalah menunjukkan kaitan antaramodel pembelajaran berbasis proyek dengan life skill siswa padapembelajaran IPA abad 21. Model pembelajaran berbasis proyek menjadialternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk membentukkecakapan hidup peserta didik di sekolah pada pembelajaran yang berkaitandengan IPA.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.