PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI KESIAPAN MANAJEMEN SEKOLAH

Dian Meilatifah, Nur Ngazizah

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukankompetensi serta karakter peserta didik. Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnyakesiapan guru sekolah dasar dalam menghadapi Kurikulum 2013. Tujuan dari dibuatnyaartikel ini yaitu untuk mengetahui kesiapan dan tanggapan sekolah terhadap kurikulum2013, faktor faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kurikulum 2013, sertapelaksanaan standar proses dan penilaian kurikulum 2013. Metode yang digunakan yaitustudi literatur, yaitu mengambil dari berbagai referensi jurnal maupun prosiding yangberiputasi baik nasional maupun internasional. Guru-guru sekolah dasar memiliki harapanyang tinggi terkait tugasnya mengimplementasikan Kurikulum 2013, karena hal tersebutakan berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran. Hasil dari studi literatur inimenunjukan bahwa guru mengalami kurangnya waktu dalam proses pembelajaran; tahappenilaian beberapa guru mengalami kebingungan dalam melaksanakan proses penilaian, penilaian hasil laporan belajar pun guru mengalami banyak kebingungan karena padaKurikulum 2013 menggunakan hasil cetak dalam proses penilaian hasil laporan belajarbukan manual lagi. Terdapat beberapa kendala yaitu pendistribusian buku, alokasi waktudan pembuatan media. Faktor pendukung perencanaan kurikulum 2013 sarana prasaranadi kelas yang memadai.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.