KAITAN ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF

Febrila Vernanda, Sherin Damayanti, Nur Ngazizah

Abstract


Model Problem Based Learning merupakan metode pengajaran yang bercirikan adanyapermasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik yang harus belajarberfikir kritis , ketrampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui kaitan antara Model Problem BasedLearning dengan kemampuan berfikir siswa. Metode penelitian ini menggunakanmetode Studi Literatur. Hasil kajian menyimpulkan bahwa kemampuan berfikir kreatifdibutuhkan bagi siswa dalam kehidupan nyata, namun juga sering terabaikan dalamproses pembelajaran. Kemampuan berfikir kreatif dapat dikembangkan melalui prosespembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Model ProblemBased Learning memiliki keunggulan dimana peserta didik akan memiliki pola pikiryang terbuka, reflektif, kreatif dan belajar aktif dan memfasilitasi keberhasilan dalammemecahkan masalah. Penerapan model Problem Based Learning sangat cocokdigunakan di Sekolah Dasar dalam membangun kemampuan berfikir kreatif siswa.Kemampuan berfikir kreatif tersebut yang dapat membawa peserta didik dapatmemecahkan permasalahan yang muncul pada dunia nyata peserta didik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.