Kaitan Antara Metode Ilmiah Dengan Hands On dan Minds On Siswa

Nurena Lisa Nabilla, Nur Ngazizah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara metode ilmiah dengan hands ondan minds on siswa. Artikel ini menggunakan metode penelitian studi literatur. AktivitasMind On merupakan sebuah aktivitas yang mengandalkan otak, sedangkan aktivitasHands on merupakan aktivitas psikomotorik dengan mengandalkan pergerakan otottubuh. Pembelajaran hands on dan minds on terdiri dari lima tahap pembelajaran yaitubertanya, beraktifitas dan menemukan, mengumpulkan data, menganalisis danmembuat kesimpulan. Hubungan hands on dan minds on tersebut dikarenakan handson minds on merupakan salah satu tahapan dalam metode ilmiah. Hasil dari hubunganmetode ilmiah dengan hands on minds on yaitu siswa dapat lebih mengasahpengetahuan secara rasional dan tetap mengandalkan pergerakan otot dalammenyampaikan suatu permasalahan dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karenadengan metode penelitian juga diperlukan berani dalam berargumen maupun bertanyasehingga tetap menggunakan pemikiran dalam aktivitas.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.