KAITAN ANTARA METODE ILMIAH DENGAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING

Risma Mellynda Puspitaningtyas, Nur Ngazizah

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara problem solving HOTS dalampemecahan masalah pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan berupapengumpulan jurnal-jurnal yang terkait dengan pemecahan masalah di Sekolah Dasaryang dapat dipertanggungjawabkan. Metode analisis data dilakukan secara kualitatifdengan mengutip pendapat yang sesuai. Hasil penelusuran pustaka yang diperolehmenunjukkan bahwa metode pembelajaran problem solving berpengaruh terhadapketerampilan berfikir kreatif dalam pemecahan masalah mata pelajaran IPA. Problemsolving lebih efektif dalam meningkatkan HOTS siswa. Pembelajaran problem solvingdapat membantu siswa pada keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalahterkait siswa menemukan solusi, uraian dari solusi tersebut, kemudian pengembanganyang sesuai dengan permasalahan yang dipaparkan serta menemukan solusi yang baruyang berarti solusi yang belum pernah ada sebelumnya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.