PENILAIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Rizki Anita Bella, Nur Ngazizah

Abstract


Kemampuan literasi sains merupakan kapasitas untukmenggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasipertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkanfakta dan data untuk memahami alam semesta danmembuat keputusan dari perubahan yang terjadikarena aktivitas manusia. Penilaian literasi sains yaitumenilai pemahaman peserta didik terhadap kontensains, proses sains, dan konteks aplikasi sains.Pembelajaran tematik adalah metode pembelajaranyang menekankan pemberian tema khusus pilihanuntuk mengajarkan beberapa konsep kurikuler.Kemampuan literasi sains siswa Indonesia masihmengalami kelemahan pada berbagai aspek sikap dankonten sains. Tujuan dari penulisan ini yaitu untukmengetahui ketercapaian dalam kemampuan literasisains siswa pada pembelajaran tematik. Metode yangdigunakan yaitu studi literatur dari jurnal yangbereputasi nasional dan internasional sebagai sumberliteraturnya. Hasil yang diperoleh menunjukkanbahwa pembelajaran tematik dapat menjadi saranauntuk memandu siswa memiliki literasi sains.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.