TINGKAT KESUKARAN BENTUK SOAL NUMERASI SMA DOMAIN ALJABAR PADA TES BUATAN GURU

Azizah Azizah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran butir soal numerasi SMA domain aljabar pada tes buatan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu untuk memperoleh data soal, kunci jawaban dan lembar jawaban seluruh peserta tes. Sampel penelitian 66 siswa yang diambil dengan teknik acak sederhana di MAN 1 Indragiri Hilir tahun pelajaran 2020/2021. Hasil analisis butir soal yang telah dilakukan terhadap 5 butir soal numerasi SMA domain aljabar buatan guru diperoleh sebanyak 3 butir soal (60%) dalam kategori sukar yaitu bentuk soal pilihan ganda kompleks, menjodohkan dan uraian. Kategori sedang terdapat 2 butir soal (40%) yaitu bentuk soal pilihan ganda dan isian.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.