KARAKTER SAINS ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Zauharatul Auliya Asrofah, Nur Ngazizah

Abstract


Abad ke-21, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai negara meningkat pesat. Aspek pendidikan terdapat tujuan yang secara langsung mempengaruhi kehidupan siswa dalam berkarya keputusan berdasarkan informasi dan pemahamannya, disebut juga istilah literasi sains. Pembelajaran Kurikulum 2013 adalah tematik, dimana suatu tema memuat beberapa mata pelajaran, salah satunya mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). IPA berkaitan dengan lingkungan seperti observasi langsung dan tidak langsung yang di dalamnya memuat instrument penilaian karakter. Praktiknya terutama di SD (Sekolah Dasar), guru belum melakukan penilaian karakter kegiatan pembelajaran secara maksimal. Kajian ini bertujuan untuk menentukan instrumen penilaian karakter sains hasil belajar pada mata pelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu metode studi literatur yang diambil dari referensi jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Hasil dari kajian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran tematik dapat dibentuk melalui karakter Sains.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.