PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAN KARAKTER DENGAN BANTUAN LKS

Roja Nada Rana, Nur Ngazizah, Rizky Fadjar Choirrul Linda

Abstract


LKS (Lembar Kerja Siswa) selama ini disajikan secara umum dan belum menyajikan permasalahan yang berkaitan dengan kearifan lokal. Upaya pelestarian kearifan lokal dapat dilakukan dengan memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal kepada siswa, terutama bagi siswa sekolah dasar sebagai pondasi awal dalam membentuk karakter siswa. Mengenalkan kearifan lokal pada pembelajaran dapat dilakukan dengan cara menggabungkan materi kearifan lokal pada LKS untuk memudahkan dan menarik perhatian siswa dalam belajar. Tujuan penulisan ini yaitu untuk mengetahui tentang pembelajaran berbasis kearifan lokal dan karakter dengan bantuan LKS. Metode yang digunakan pada penulisan ini yaitu metode studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap jurnal-jurnal yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan. Hasil yang diperoleh dari studi kepustakaan terhadap jurnal-jurnal yaitu LKS dapat membantu siswa dalam memperkenalkan nilai-nilai kearifan lokal pada siswa sehingga dapat membantu siswa dalam membentuk karakter siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.