PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN IPA

Robainah Robainah, Febrila Vernanda, Nur Ngazizah

Abstract


Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013 menerapkan empat aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap dan aspek perilaku. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran IPA di jenjang pendidikan sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pemperolehan informasi menggunakan metode studi literatur . Hasil yang diperolah mengatakan bahwa penerapan kurikulum 2013 belum berjalan secara maksimal sesuai yang diharapkan pemerintah. Terdapat problematika yang dialami oleh beberapa satuan pendidikan yaitu faktor dari pendidik yaitu pemahaman guru masih kurang dalam teknis penilaian otentik, waktu yang kurang dalam membuat instrument penilaian, kurangnya produktifitas guru dan kepedulian guru. Ketersediaan media belum mencukupi, pemanfaatan media IPA yang belum dimanfaatkan secara maksimal, metode yang digunakan dalam penyampaian materi kurang tepat.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.