KAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN KEMAMPUAN COLLABORATIVE

Ismawati Ismawati, Nur Ngazizah

Abstract


Kemampuan collaborative merupakan kemampuan seseorang bekerja sama di dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dimanifestasikan dalam bentuk interaksi sosial. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran berbasis proyek (Project Based-Learning atau PBL) , kerjasama siswa, hasil belajar siswa, aktivitas siswa serta kaitan pembelajaran berbasis proyek dengan collaborative learning khususnya bagi peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait dengan pembelajaran berbasis proyek serta pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelusuran pustaka yang diperoleh menunjukan bahwa metode pembelajaran proyek dengan pembelajaran collaborative dapat meningkatkan kemampuan interaksi siswa dan kreatifitas siswa dalam berpendapat. Pembelajaran collaborative berbasis proyek, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antarsiswa dengan memanfaatkan sumber daya dan keterampilan satu sama lain.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.