PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS YOUTUBE PADA MATA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Siti Sa’ria, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran karena pandemi Covid-19 yaitu dilakukannya secara online. Meskipun demikian, pembelajaran tetap harus berjalan. Oleh karena itu, banyak para pendidik yang memanfaatkan multimedia pembelajaran salah satunya video yang mereka upload di youtube. Penulisan bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan multimedia pembelajaran berbasis youtube pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka yang mempunyai maksud untuk menggali informasi sebanyak mungkin dari data pustaka, dilanjut membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, kemudian dilanjutkan dengan menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk disusun menjadi sebuah kajian. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri jurnal elektronik melalui buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal. Hasil dari penelitian adalah berbagai dampak dirasakan beberapa pihak selama pembelajaran daring, ada yang positif maupun yang negatif. Sehingga, guru dapat membuat variasi pada mata pelajaran matematika SD agar siswa dapat beradaptasi dan tetap semangat dalam menjalankan pembelajaran secara online di era pandemi Covid-19, salah satunya dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis youtube. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran mendapat respons baik, namun juga kurang sesuai digunakan di daerah-daerah susah sinyal.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.