KAITAN ANTARA CONTEXTUAL LEARNING DENGAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS

Nurul Oktaviani, Nur Ngazizah

Abstract


Contextual learning ialah model pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan kegiatan siswa yang dilakukan diluar sekolah, sehingga bisa mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan yang diperolah didalam kehidupan nyata mereka. Keterampilan generik sains (KGS) merupakan pengetahuan dan keterampilan siswa yang diperolah dari hasil belajar, dijadikan bekal dasar mereka untuk membentuk kepribadian dan pola tindakan, yang tentu saja bisa diterapkan dalam kehidupan keseharian mereka. Tujuan dari penulisan ini ialah mengaitkan antara model pemebelajaran Contextual learning dengan keterampilan generik sains (KGS). Metode penulisan yang digunakan ialah metode study literatur. Study literatur sendiri ialah metode penulisan yang sumber datanya berasal dari mengumpulkan, membaca, mencatat, dan mengolah dari sumber-sumber yang sudah pernah diteliti sebelumnya. Hasil dari penulisan ini ialah bahwa keterkaitan Contextual learning dengan keterampilan generik sains (KGS) harus melakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.