MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Faqih Hakim Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat aktivitas siswa dalam proses pembelajaran model pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran yang dilakukan dengan mata pelajaran terpisah akan menyebabkan kurang mengembangkan anak untuk berpikir holistic dan membuat kesulitan bagi peserta didik mengaitkan konsep dengan kehidupan nyata mereka seharihari. Penelitian ini dilakukan di SD N 101788 Marindal I Kecamatan Patumbak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Pembelajaran tematik di sekolah dasar (SD) merupakan suatu hal yang relatif baru, sehingga dalam 2 Jurnal Pendidikan Dasar implementasinya belum sebagaimana yang diharapkan. Dapat disumpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu yaitu siswa diberi kesempatan untuk menginvestigasi berbagai strategi dan cara yang diyakininya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mengolaborasi permasalahan. Model ini menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajarinya dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan siswa.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.