METODE FIELD TRIP UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSESSAINS SISWA

Astuti Tri Utami, Nur Ngazizah

Abstract


Metode field trip adalah metode dengan cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau obyek tertentu di luar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu serta meninjau seperti lingkungan sekitar, lapangan bermain, taman dan sebagainya. Penulisan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan metode field trip. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi literatur yang diperoleh dari beberapa jurnal, artikel, maupun prosiding yang bereputasi baik nasional maupun internasional. Dengan adanya metode field trip ini dapat meningkatkan pembelajaran yang lebih menarik untuk siswa sehingga proses pembelajaran tidak membosankan dan dapat terlaksana secara maksimal. Hasil dari studi literature ini adalah bahwa metode field trip dapat memberikan gambaran konkrit serta merasakan langsung tentang objek yang dipelajari, hal ini akan memotivasi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya secara optimal. Pemilihan metode field trip untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa lebih efektif digunakan dari pada metode pembelajaran yang hanya di dalam ruangan saja.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.