PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS BERKEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI

Dyna Ade Rawan Saputri, Zilfania Tamara, Nur Ngazizah

Abstract


Etnosains merupakan pembelajaran yang mampu mengintegrasikan budaya siswa atau pengetahuan asli dengan budaya ilmiah di sekolah atau pengetahuan khas masyarakat. Pembelajaran sains belum ada kesinambungan antara pengetahuan sains dengan permasalahan hidup, serta nilai-nilai kearifan lokal, sehingga menyebabkan pembelajaran kurang bermakna dan kemampuan literasi siswa rendah. Berdasarkan penilaian PISA, Indonesia berada pada peringkat yang rendah dalam pencapain2 peserta didik untuk bidang sains, membaca, dan matematika. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya pembelajaran berbasis etnosains sebagai upaya meningkatkan literasi sains. Artikel ini bertujuan untuk mempelajari proses pembelajaran berdasarkan etnosains berkearifan lokal untuk meningkatkan budaya literasi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari jurnal yang bereputasi nasional dan internasional sebagai sumber literaturnya. Hasil dari studi literatur dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang berbasis etnosains berkearifan lokal sangat efektif untuk meningkatkan budaya literasi dan membuat pembelajaran lebih bermakna.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.