PERAN KEPALA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KABUPATEN PURWOREJO SEBAGAI EDUCATOR SAAT PANDEMI COVID-19

Aulia Fakhrina, Nur Ngazizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai educator saat pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan jawaban terhadap suatu masalah atau untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam terhadap fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan peran kepala sekolah sebagai educator saat pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19. Subjek penelitian ini yaitu kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah yang berjumlah 8. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling berdasarkan tingkat akreditasi sekolah. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang berbentuk google form dengan menggunakan rubrik skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala sekolah di setiap sekolah berbeda-beda. Pada peran educator, kepala Sekolah Dasar Muhammadiyah Kutoarjo dan Bayan mempunyai rata-rata persentase yang sama yaitu sebesar 56%, sedangkan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purworejo persentasenya 44% dan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodadi persentasenya 38%.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.