Creative Thinking Skill Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Rostika Anggraeni, Nur Ngazizah

Abstract


Pendidikan dimasa sekarang semakin berkembang pesat. Perubahan kurikulum memicu terjadinya perubahan dalam berbagai hal. Kurikulum 2013 dapat dikatakan sangat berbeda dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, logis, maupun inovatif. Siswa dituntut untuk mamiliki kemampuan daya berpikir yang tinggi atau dikenal dengan istilah HOTS (High Order Thinking Skill). Pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal mampu merangsang serta menuntut peseta didik untuk berperan aktif dalam suatu pembelajaran yang nantinya akan mendorong peserta didik menemukan jawaban dari masalah yang dihadapi, sehingga pemahaman akan hal tersebut tidak mudah dilupakan. Metode yang digunakan berupa study literature yang ditujukan untuk beberapa jurnal yang berkaitan dengan HOTS serta cretive thinking. Hal ini bertujuan untuk mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran berasis HOTS. Oleh karena itu, dengan adanya pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal mampu meningkatkan pemahaman baik guru maupun siswa dan mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.