KETERAMPILAN BERHITUNG MENGGUNAKAN MEDIA ANGKA BERANTAI UNTUK KELAS 1 SDIT ULUL ALBAB 2 PURWOREJO

Aulia Fakhrina, Mia Dwi Kusuma Ayu

Abstract


Pembelajaran Matematika tidak hanya sekedar mengajarkan tentang konsepkonsep Matematika yang menuntut siswa hanya menjawab pertanyaan dengan benar, namun mendorong siswa untuk dapat berpikir kritis dalam memecahkan masalah terutama dalam penambahan dan pengurangan. Pada materi penambahan dan pengurangan siswa harus mempunyai keterampilan berhitung. Keterampilan berhitung pada pelajaran Matematika adalah suatu ilmu dasar yang dimiliki anak untuk berpikir kritis, kreatif, maupun menyatakan buah pikirannya baik secara lisan maupun tulisan secara sistematis, logis dan lugas yang berhubungan dengan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas 1 SDIT Ulul Albab 2 Purworejo dengan menggunakan angka berantai. Metode yang digunakan adalah kajian literatur yang didukung menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, dan praktik secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan, bahwa siswa lebih antusias dan tertarik ketika menggunakan angka berantai dalam berhitung. Nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan media angka berantai, nilai rata-rata siswa hanya 75.4. setelah menggunakan angka berantai, nilai rata-rata siswa menjadi 79,5.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.