KAITAN ANTARA CERGAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV

Eka Marliana Saputri, Dewi Yuli Setyaningrum

Abstract


Cergam atau cerita bergambar adalah sebuah buku cerita yang di dalamnya terdapat gambar untuk menguatkannya. Cerita bergambar sangat diminati. Terutama dikalangan siswa SD. Karena ada gambar yang menjadi penarik minat baca siswa. Salah satunya pada siswa kelas IV. Dimana rasa ingin tahu mereka sudah semakin meningkat. Meskipun begitu siswa kelas IV juga masih memerlukan bantuan benda-benda konkrit untuk memudahkan mereka dalam mencerna pembelajaran. Karena proses belajar mereka masih operasional konkrit. Namun, tidak banyak Cergam yang memuat tentang pembelajaran, terutama pembelajaran IPA. Mengingat di kurikulum 2013 sudah menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan yang mengharuskan siswa lebih aktif. Siswa diharuskan untuk mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah informasi (mengasosiasi), dan mengkomunikasikannya. Dengan adanya pendekatan saintifik itu, cergam ini akan dibuat untuk meningkatkan tingkat berpikir siswa atau sering disebut dengan HOTS (High Order Thinking Skills). Dengan bantuan pendekatan saintifik, Cergam ini akan dikembangkan dan di dalamnya memuat cerita yang mampu merangsang tingkat berpikir siswa. Tujuan dari pembuatan Cergam dengan pendekatan saintik adalah dapat meningkatkan HOTS pada pembelajaran IPA kelas IV.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.