KAITAN ANTARA ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PROBLEM SOLVING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Siska Giyan Kurniasari, Feni Sariyati

Abstract


Pendidikan dasar merupakan fondasi awal bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Tentunya untuk mencapai keberhasilan pada jenjang dasar diperlukan upayaupaya dari berbagai sisi. Salah satunya dengan menghasilkan ensiklopedi IPA yang layak digunakan sebagai penunjang bahan ajar siswa. Ensiklopedia memberikan penjelasan secara lebih detail dan mendalam dari kata yang dimaksud. Merupakan sumber belajar tambahan bagi siswa yang dapat memberikan nuansa berbeda dengan sumber belajar lainnya. Adanya pembelajaran berbasis problem based learning dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu melalui penggunaan masalah pada kehidupan kontekstual untuk memperoleh konsep pada materi pelajaran. Kaitannya dengan problem solving setelah siswa dapat menemukan masalah dari konsep materi yang dituangkan, siswa dapat memecahkan permasalahan tersebut berdasarkan pengalaman yang dimilikinya. Dengan adanya permasalahan yang dimunculkan maka siswa akan merasa tertantang untuk memecahkannya. Tujuan dari penulisan artikel ini agar guru mengetahui pentingnya penggunaan ensiklopedi IPA dalam pengembangan bahan pembelajaran yang baik sesuai kebutuhan yang diperlukan. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dimana siswa dapat menganalisis suatu permasalahan yang dimunculkan untuk nantinya dapat dipecahkan. Diharapkan dengan kaitan tersebut siswa dapat belajar mandiri dengan bantuan atau tanpa bimbingan dari guru.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.