POWERPOINT INTERAKTIF TERINTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas powerpoint interaktif terintegrasi problem based learning terhadap pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tiga SD se-kecamatan Manguharjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dan menghasilkan sampel 24 siswa berada di kelas eksperimen dan 23 siswa berada kelas kontrol. Metode dokumentasi dan tes digunakan sebagai upaya dalam mengumpulkan data-data penelitian. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa powerpoint interaktif terintegrasi problem based learning efektif terhadap pemahaman matematis siswa kelas tiga SD se-kecamatan Manguharjo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.