KAITAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Inova Istirohah, Farah Farri Santhi

Abstract


Pembelajaran berlangsung sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran dikatakan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis apabila siswa terlibat secara aktif, baikfisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran. Seorang guru diberi tanggungjawab mendorong dan membimbing agar siswanya menjad iaktif dan terampil dalam berpikir kritis serta dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara untuk membuat pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan dan tercapainya tujuan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Tetapi pada kenyataanya, masih banyak guru yang belum menggunakan model pembelajaran ketika mengajar di kelas. Masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Salah satu model yang dapatditerapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah menggunakan model problem based learning. Problem based learning adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa berperan aktif serta kritis dalam pembelajaran. Tujuan dalam kajian ini untuk mengetahui kaitan problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.