KAITAN ANTARA INQUIRY DAN KETERAMPILAN GENERIC SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Siti Latifah, Widanti Widanti

Abstract


Inquiry juga diperkenalkan sebagai pendekatan dalam pembelajaran sains, sebagai teknik pembelajaran, dan sebagai model pembelajaran baik sebagai model inquiry ilmiah (scientific inquiry), maupun sebagai model latihan inquiri (inquiry training) dalam rumpun pemrosesan informasi. Kelebihan dari inquiri yaitu, terjadi peningkatan kemampuan ingatan dan pemahaman terhadap materi pembelajaran oleh siswa, dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah pada situasi-situasi baru, konsep-konsep dasar suatu materi pembelajaran akan dapat diingat dan mengendap dengan baik dalam memori siswa, langkah-langkah model pembelajaran memungkinkan siswa mempunyai waktu yang cukup untuk mengasimilasi dan mengakomodasi setiap informasi yang releven yang mereka peroleh. Keterampilan generic sains adalah suatu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. Pembelajaran IPA menjadikan siswa sekolah dasar memiliki kebiasaan berpikir kreatif dan ilmiah. Siswa juga harus mampu melakukan berbagai keterampilan generic sains sebagai konsekuensi hakikat sains. Sains terdiri dari dua aspek yaitu proses dan produk. Penguasaan konsep sains maka diperlukan keterampilan generik sains yang terdiri sembilan aspek yaitu pengamatan langsung, pengamatan tidak langsung, kesadaran simbolik, kesadaran tentang skala, kerangka logika, inferensi logika, hukum sebab akibat, membangun konsep baru dan pemodelan matematik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.