KETERKAITAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASA

Widanti Widanti, Siti Latifah, Nur Ngazizah

Abstract


Salah satu keterampilan yang harus dimiliki yaitu keterampilan generik sains. Keterampilan generik sains adalah suatu pembelajaran yang mengajak siswa berpikir melalui sains dalam kehidupannya. Kemampuan tersebut sifatnya lebih sederhana dan dapat membantu siswa berpikir pada tingkatan yang lebih tinggi. Kemampuan generik sains dikategorikan menjadi 8 yaitu pengamatan langsung dan tak langsung, pemahaman tentang skala, bahasa simbolik, kerangka logika taat-asas dari hukum alam, inferensi logika, hukum sebab akibat, pemodelan dan membangun konsep. Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan mulai dari merumuskan masalah, penyelidikan sampai pemecahan masalah. Hal ini sejalan dengan keterampilan generik sains, dimana mengajak siswa berfikir melalui proses menyelidiki dan menemukan pemecahan masalah. Pembelajaran IPA SD menuntut siswa mempunyai keterampilan generik sains namun masih perlu bimbingan dari guru. Penulisan kajian ini bertujuan untuk mengetahui komponen keterampilan generik sains, langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan keterkaitan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan generik sains pada pembelajaran IPA SD.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.