MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL DALAM PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Yeni Dwi Kurino

Abstract


Pembelajaran menaruh perhatian pada upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu konsep ilmu pengetahuan, termasuk didalamnya siswa mampu meningkatkan kemampuan pemahaman, penalaran, berpikir kritis, berpikir logis, berpikir kreatif dan kemampuan lainnya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki kedudukan yang penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam pembelajaran Matematika diperlukan model pembelajaran yang mampu menggali kemampuan siswa. Salah satu model Problem Based Learning merupakan sebuah model pembelajaran berbasis masalah, dimana dalam proses pembelajaran siswa dihadapkan pada permasalahan otentik sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Sedangkan Higher Order Thinking Skill (HOTs) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. HOTs atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja, namun membutuhkan kemampuan lain yang lebihtinggi, seperti kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Dalam kajian ini model Problem Based Learning berbasis HOTs merupakan kolaborasi antara PBL dengan HOTs dalam suatu proses KBM, serta pembuatan soal evaluasi yang lebih meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya dalam mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.