PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Ani Rosidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa melaui penerapan model discovery learning dalam materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Panyingkiran yang berjumlah 29 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72, dengan persentasi 69%, nilai rata-rata pada siklus II sebesar 75 dengan persentasi 79% dan nilai rata-rata siklus III sebesar 86 dengan persentasi 86%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat dalam mata pelajaran IPS padasiswakelas IV SDN Panyingkiran Kabupaten Majalengka.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.