EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar memiliki banyak problermatika yang dialami, antara lain kurangnya pemahaman siswa dalam belajar Matematika terutama tentang konsep matematika, hal ini mengakibatkan siswa kurang bisa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Sehingga berakibat rendahnya hasil belajar Matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantu media puzzle terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan true ecperimental design tipe post test only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampiling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil uji-t diperoleh hasil yang signifikan yaitu thitung = 9,356 > ttabel = 2,009. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbantu media puzzle dan yang tidak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model PBL berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN Purwosari 2.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.