http://eproceedings.umpwr.ac.id/files/journals/11/articles/
interwin
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS STRUKTUR ALJABAR | Purwaningsih | PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS STRUKTUR ALJABAR

Dian Purwaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah struktur aljabar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yaitu jenis penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variable-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Subjek Penelitia ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan Matematika Universitas Peradaban Bumiayu semester III Tahun Akademik 2019/2020. Tempat penelitian dilakukan di jurusan pendidikan Matematika Universitas Peradaban Bumiayu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman pemecahan masalah matematis; lembar angket kebiasaan belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi berupa analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini memperoleh pengaruh variabel kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan msalah sebesar 75,1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mata kuliah struktur aljabar.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.