PEMBELAJARAN MATEMATIKAMELALUI KEGIATAN MARKET DAY DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO

Rizky Fadjar Choirrul Linda, Rintis Rizkia Pangestika

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk menyajikan kajian hubungan kegiatan market day yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kutoarjo dengan pembelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode kajian pustaka dan pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan secara langsung kegiatan market day di SD Muhammadiyah Kutoarjo serta menelaah dan atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen serta sumber-sumber data atau informasi lainnya yang relevan dengan kajian. Temuan dalam kajian ini adalah kegiatan market day dapat dijadikan sebagai referensi atau alternatif dalam pelaksanakan pembelajaran Matematika agar pembelajaran menjadi bermakna, inovatif, dan menarik sehingga siswa akan merasakan senang dan termotivasi belajar Matematika, baik di tahapawal pembelajaran, inti pembelajaran, maupun akhir pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan market day siswa dilatih untuk percayadiri, bertanggungjawab, kreatif dan dapat bekerjasama dengan tim sehingga akan berdampak pada hasil belajar dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan siswa. Kajian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan market day merupakan suatu strategi efektif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Matematika agar dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan siswa terutama pada materi aritmatika sosial. Selain itu, melalui proses pembelajaran Matematika berbasis market day siswa juga dapat terampil mempraktikkan langsung materi yang dipelajarinya, sehingga tujuan pembelajaran Matematika dapat tercapai dengan baik.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.