PERAN GURU SD DI KAWASAN PERBATASAN PADA ERA PEMBELAJARAN 5.0 DAN MERDEKA BELAJAR

Desy Irsalina Savitri

Abstract


Peran penting yang tidak akan pernah hilang tergerus zaman ialah peran seorang guru. Pasca Jepang terkena serangan boom berturut-turut di Hirosima dan Nagasaki, tindakan pertama yang dilakukan oleh pemerintah adalah mencari berapa banyak jumlah guru yang masih hidup. Pemerintah Jepang menyadari sekali pentingnya peran guru. Di era digital dengan pembelajaran society 5.0, didukung menteri pendidikan sedang menggencarkan rancangan merdeka belajar bagi para siswa dan mahasiswa. Dua pokok bahasan tersebut saling ketergantungan karena berpusat kepada manusia. Beberapa kawasan di Kalimantan Utara merupakan bagian dari kawasan perbatasan. Maka seorang guru yang mengabdi di kawasan perbatasan perlu mengembangkan soft skill 4 kompetensi keterampilan mengajar yang mereka miliki seiring perkembangan tuntutan zaman Paper ini akan mengangkat dan membahas kajian teori terkait peran soft skill guru SD dalam melaksanakan 4 kompetensi keterampilan yang merupakan landasan dan perlu dikuasai dalam membentuk karakter serta moral anak selain keluarga di era pembelajaran society 5.0 dan merdeka belajar pada kawasan perbatasan di tengah keterbatasan yang terdapat di kawasan perbatasan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.