KAITAN ANTARA LITERASI SAINS DAN HOTS UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Cahyo Utama, Adi Fahri Rahman

Abstract


Pengetahuan sains pada era melenial abad-21 mengalami perkembangan yang sangat pesat mengharuskan bertambahnya konsep–konsep ilmu sains yang harus di pelajari oleh peserta didik. Sebagai timbal baliknya perlu ada pemilihan konsep-kosep esensial yang di pelajari peserta didik. Wawasan mendasar ini dipilih berdasarkan pada kepentingan wawasan tersebut untuk kehidupan siswa dan memberikan pengalaman tertentu padapeserta didik kususnya dalam belajar agar dapat memperoleh pengetahuan tentang sains yang mencukupi. Keahlian literasi sains merupakan kemampuan yang harus di miliki pada era melenial abad21 agar dapat bersaing di era modern dan globalisasi. Seseorang dapat di katakana mampu menyelesaikan masalah bilamana memahami suatu masalah serta mampu mengunakan pengetahuan di situsai baru yang di hadapi. Kemampuan ini biasanya di sebut HOTS (High Order Thinking Skills) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. HOTS di dalamnya meliputi kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berfikir kreatif, kemampuan berfikir kritis, berargumen dan kemampuan mengambil keputusan. Maka dari itu tujuan penulisan kajian ini adalah untuk memeparkan keterkaitan literasi sains dan HOTS dalam kurikulum pembelajaran 2013.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.