PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Agus Arba'i Mahmud, Joni Dwi Prasetyo

Abstract


Pendidikan karakter merupakan salah satu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah. Karakter adalah nilai-nilai yang terdapat di dalam diri sesorang seperti kepribadian, sifat, dan perilaku. Karakter yang dimiliki siswa saat ini sudah mulai memudar perlahan-lahan. Karakter dapat dikuatkan dengan adanya kemampuan literasi sains. Kemampuan literasi sains penting untuk dimiliki peserta didik dalam memahami lingkungan hidup, ekonomi, serta permasalahan pada masyarakat modern. Literasi sains dapat mengatasi kurang sadarnya masyarakat akan peran sains sesungguhnya. Dengan kata lain, literasi sains hadir untuk membentuk pola pikir, perilaku, dan membangun karakter manusia untuk peduli dan bertanggung jawab teradap dirinya, masyarakat, dan alam semesta. Oleh karena itu diperlukan adanya penguatan karakter melalui literasi sains dalam pembelajaran IPA di SD sehingga pemahaman dan kemampuan yang baik dapat terpenuhi sesuai tuntutan perkembangan zaman. Dengan menerapkan literasi sains, maka diharapkan siswa memiliki kemampuan secara fleksibel dan adaptif, berinisiatif dan mandiri, mampu berinteraksi sosial, produktif dan akuntabel, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan bertanggung jawab. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk memberikan penguatan karakter siswa melalui kemampuan literasi sains.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.