KAITAN ANTARA LITERASI SAINS DENGAN DISCOVERY LEARNING MELALUI DISIPLIN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Karimah, Rahmah Dianti

Abstract


Model discovery learning merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pentingnya struktur-struktur atau ide-ide penting terhadap suatu disiplin ilmu, melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.Pembelajaran discovery learning menggunakan langkah-langkah seperti: 1. Stilumus (stimulation), 2. Identifikasi masalah (problem stategment), 3. Mengumpulkan data (data collcting), 4. Mengolah data (data processing), 5. Memverifikasi (verivication), 6. Menyimpulkan (generalization). Sedangkan, pembelajaran literasi sains merupakan pembelajaran yang didasarkan pada pengembangan kemampuan pengetahuan sains untuk mencari solusi permasalahan kehidupan yang ada dilingkungan sekolah siswa. Disiplin siswa dalam berbagai hal merupakan salah satu keberhasilan dalam suatu kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui kaitan antara sikap disiplin siswa mampu untuk meningkatkan literasi sains melalui model pembelajaran discovery learning. Maka dari itu dengan adanya sikap disiplin siswa, siswa diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar literasi sains yang ada di sekolah. Selain itu siswa mampu memecahkan masalah literasi sains dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.