MEMBANGUN SCIENTIFIC LITERACY CALON PENDIDIK KAWASAN PERBATASAN MENUJU ERA SOCIETY 5.0

Degi Alrinda Agustina

Abstract


Artikel ini merupakan kajian tentang pentingnya pemahaman serta pembiasaan scientific literacy bagi calon pendidik di kawasan perbatasan untuk menghadapi era society 5.0. Era society 5.0 merupakan masa dimana sains dan teknologi digunakan dan dimanfaatkan untuk memudahkan kehidupan masyarakat, tak terkecuali masyarakat perbatasan Indonesia-Malaysia yang berada di Kalimantan Utara. Potensi kawasan perbatasan dapat menjadi sumber belajar dan sumber kehidupan bagi masyarakat. Guru sebagai pendidik memiliki peran untuk mewujudkan generasi penerus bangsa dan masyarakat yang literat akan sains dan teknologi untuk menghadapi era society 5.0. Oleh karena itu, pengalaman belajar para calon pendidik juga perlu dipersiapkan. Pembelajaran kontekstual berbasis proyek menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan calon pendidik era society 5.0. Pembelajaran yang diberikan mengarahkan mahasiswa calon pendidik untuk memahami potensi dan lingkungan masyarakat untuk memperoleh pengalaman belajar berkaitan sains dan teknologi agar lebih memahami kebutuhan masyarakat dan dapat berinovasi untuk membantu penyelesaian permasalahan sosial masyarakat kawasan perbatasan sebagai upaya menyiapkan generasi pendidik di era society 5.0

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.