IMPLEMENTASI HOTS PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN MATERI EKOSISTEM

Dewi Yuli Setyoningrum, Eka Marliana Saputri

Abstract


Pendidikan memegang peranan penting dalam membangun pengetahuan peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21 yaitu berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi, tanggap teknologi, dan komunikasi yang efektif. High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berpikir yang tidak hanya mengingat saja, namun membutuhkan kemampuan berpikir yang lebih tinggi, seperti berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif. Pembelajaran IPA adalah pengetahuan tentang alam yang didalamnya mencakup produk dengan metode ilmiahnya yang akan membentuk sikap atau karakter dengan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif juga mencakup proses dan pengaplikasian. Pada pembelajaran, siswa cenderung sulit memahami materi. Maka perlu adanya pembelajaran berbasis lingkungan. Pembelajaran berbasis lingkungan adalah pembelajaran yang mengenalkan siswa kepada ligkungan sehingga pembelajaran dilakukan di luar ruang kelas dan menghubungkan pengetahuannya dengan kehidupan sehari-hari. Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan HOTS pada pembelajaran IPA berbasis lingkungan dengan materi ekosistem. Hasil yang diharapkan adalah siswa diharapkan lebih mampu memahami pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA. Mampu menciptakan pembelajaran baru dan menyenangkan dengan adanya pembelajaran berbasis lingkungan.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.